Mengenal Spesies

bisnis e-commerce

Keuntungan dari menginvestasikan lagi keuntungan bisnis selama beberapa bulan akan membuat bisnis anda tumbuh semakin besar dan berkelanjutan. Tips pertama sebelum memulai bisnis e-commerce adalah dengan meyakinkan diri sendiri dan mengatasi perasaan takut akan gagal. Bahkan mengalami kegagalan sebenarnya juga hal yang baik karena anda bisa belajar dari hal tersebut. Perlengkapan rumah pun menjadi salah satu produk yang paling laris di e-commerce, data dari e-commerce report Kredivo dan Katadata Insight Centre, semakin tua, semakin sering membeli kebutuhan rumah tangga.

Indonesia harus belajar dari Tiongkok yang sudah meluncurkan Five Year Plan for the Development of e- Commerce pada tahun 2011. Dalam waktu tiga tahun, volume transaksi bisnise-commerceTiongkok sudah mencapai 10, 1 persen dari total penjualan ritel dengan angka mencapai USD 426.

Potensi industrie-commercedi Indonesia memang tidak dapat dipandang sebelah mata. Dari data analisis Ernst & Young, dapat dilihat pertumbuhan nilai penjualan bisnisonlinedi tanah air setiap tahun meningkat 40 persen. Ada sekitar 93, 4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna perangkat telepon pintar di Indonesia. Dengan demikian, konsumen diuntungkan dengan peningkatan kualitas layanan, kedekatan yang lebih ‘intim’, serta dukungan pra dan pasca penjualan yang lebih efisien. E-commerce memungkinkan brand untuk lebih dekat dengan pelanggan mereka, sehingga meningkatkan produktivitas dan daya saing bagi perusahaan. Dengan memungkinkan jalannya interaksi dengan konsumen akhir, e-commerce memperpendek rantai distribusi produk atau bahkan justru menghilangkannya. Beberapa website di Indonesia yang menerapkan jenis O2O adalah Kudodan MatahariMall.

Proporsi konsumen di atas 25 tahun dan pendapatan di atas Rp5 juta yang membeli produk peralatan rumah tangga lebih tinggi dibanding kelompok umur dan pendapatan lainnya. Selain itu, pastikan produk yang Anda miliki sudah mengantongi sertifikasi layak dari BPOM dan Departemen Kesehatan agar keamanannya terjamin dan tidak menimbulkan keraguan bagi konsumen untuk mengkonsumsinya. Anda bisa menjual produk kecantikan seperti lotion, cream, vitamin, dan lain sebagainya. Dikutip dari e-commerce report 2019 yang dibuat oleh Kredivo dan Katadata Insight Centre, produk kecantikan menempati urutan kedua terlaris setelah produk fashion dengan persentase 16% dari total transaksi sepanjang tahun 2019. Ini membuktikan bahwa produk kecantikan tidak kalah larisnya dengan produk-produk lain yang ada di e-commerce. Jadi, jangan takut untuk berjualan gadget secara online, semua teknologi dan layanan sudah memudahkan pelanggan untuk bertransaksi tanpa harus tatap muka dan merogoh kocek dalam-dalam di awal.

Indonesia merupakan peluang yang sangat besar bagi perusahaan e-commercekarena penduduknya sangat terbuka dengan produk dan teknologi baru. Ini merupakan tantangan dan juga sekaligus kesempatan yang baik bagi perusahaan e-commerce untuk berkembang pesat di Indonesia. Software Toko lengkap untuk usaha distribusi, ecommerce, restoran, cafe, salon, manufaktur. Sebagai awal, anda bisa mencoba untuk membuat beberapa iklan dengan dana minimum yang ada. Tujuannya supaya anda dapat menemukan iklan dan produk mana saja yang mampu menarik perhatian para audiens. Jika anda sudah menemukan jenis iklan dan produk terbaik, anda bisa mulai untuk menginvestasikan keuntungan bisnis dengan lebih banyak lagi.

bisnis e-commerce

Beberapa perusahaan besar dengan pertumbuhan yang cepat seperti Uber dan Airbnb juga menjalankan bisnis mereka dengan jenis O2O. Perusahaan diharuskan untuk mengisi sejumlah persyaratan terlebih dahulu sebelum mendapatkan layanan dan baru diteruskan dengan proses transaksi. Jenis e-commerce ini biasa digunakan oleh penjual atau produsen yang serius menjalankan bisnis dan mengalokasikan sumber daya untuk mengelola situs sendiri. EDI adalah proses transfer data yang terstruktur, dalam format standar yang disetujui, dari satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya, dalam bentuk elektronik. Bila brand memiliki presensi online yang indah, maka penjualan offline pun akan naik, ” ungkap Brian. Kedua, pertumbuhan usaha e-commerce Indonesia didominasi oleh penjualan ritel yang terdiri daripada beberapa kategori, sebagaimana fesyen, consumer goods, maupun produk-produk kebaikan dan kesehatan. “Kedua segmen semakin tersekat dan tak tertutup. Bila brand mempunyai presensi online dengan baik, maka penjualan offline pun hendak meningkat, ” membuka Brian.

Lewat platform atau situs marketplace, pengusaha dapat mulai membuka toko online. Dengan populasi yang bejibun, Indonesia dan Tiongkok menyediakan pasar yang begitu besar bagi pelaku bisnis lokal maupun internasional. Jika potensi ini bisa dimanfaatkan dengan baik, sudah pasti akan mendongkrak perekonomian nasional.

This entry was posted in sukses dalam bisnis. Bookmark the permalink.